Pada era digital serta Semakin majunya perkembangan teknologi membuat dampak positif bagi perkembangan industry di Indonesia khususnya di kota Bandung. Penggunaan media sosial sebagai sarana untuk kegiatan-kegiatan positif bisa diperoleh jika kita dapat memanfaatkannya dengan tepat. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir seluruh lapisan masyarakat di Indonesia terhubung dengan yang namanya smartphone dan tentu dengan media sosial. Kehidupan sehari-hari saat ini tidak terlepas dari peran media sosial.
Penggunaan fungsi media sosial yang tepat untuk kebutuhan-kebutuhan positif pada faktanya dapat membantu dalam memberikan citra positif kepada masyarakat luas, bahkan pada saat ini media sosial adalah alat promosi yang efektif karena kemudahaan akses serta jaringan koneksi yang tampa batas. Dalam bidang pemasaran saat ini, media sosial merupakan alat yang paling efektif dalam sebuah usaha atau perusahaan dalam menjangkau konsumen dan masyarakat luas.
Menyikapi permasalahan diatas, Universitas Katolik Parahyangan bekerjasama dengan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) regional Jawa Barat, pada tanggal 6 September 2017 melaksanakan seminar yang mengambil tema Seminar Kiat Sukses Bisnis Online Melalui Facebook ads dan Instagram. Pada seminar ini, turut mengundang beberapa narasumber seperti Bapak Zainal Abidin Strategic Regional Head Gojek Jawa Barat, Bapak Iwa Gartiwa Ketua KADIN Kota Bandung, Bapak Agus Pribadi (Blibli.com) serta beberapa narasumber lainnya.
Antusias dari peserta terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan pertanyaan yang muncul pada saat diskusi mengenai pemanfaatan media digital untuk membantu para pelaku usaha khususnya UMKM di wilayah Jawa Barat. Diharapkan dengan kegiatan seminar tersebut, dapat memberikan informasi mengenai bagaimana pemanfaatan media sosial dalam membantu kegiatan promosi khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Mengenah) di wilayah Jawa Barat.